Ketika Gereja Berhadapan dengan Industri Lintah Darat

Man-teman yang baik, kali ini saya mau ngajak kalian nonton film. Sebuah film dokumenter yang berjudul The Ordinance. Durasinya 32 menit saja. Kalau kalian penasaran apa yang bisa dilakukan gereja untuk menolong masyarakat dalam menghadapi payday loan industry, saksikanlah film ini beramai-ramai. Tapi kalau tidak penasaran, tetap saksikanlah beramai-ramai karena setelah itu Anda akan dibuat penasaran. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

Film ini adalah sebuah kisah nyata yang terjadi di Amerika. Gereja menemukan kondisi di mana masyarakat miskin harus meminjam uang dari para rentenir yang akhirnya justru menyeret mereka lebih jauh dalam kemiskinan. Gereja lalu bekerja sama untuk melakukan advokasi terhadap pemerintah agar mereka mau mengeluarkan peraturan terkait dengan permasalahan ini…

Selamat menyaksikan dan jika masih punya waktu senggang, saya titipkan beberapa pertanyaan sebagai bahan refleksi.

 

Pertanyaan-pertanyaan untuk direfleksikan:

  1. Menurut Anda, apakah gereja perlu mengambil bagian dalam mengurusi isu kemiskinan atau ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?
  2. Ada pernyataan semacam ini: “Ah, ini kan di Amerika. Di Indonesia susahlah. Boro-boro mau nolong orang miskin, dapat izin gereja aja susah.” Apakah pernyataan semacam ini tepat menurut kalian? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?

Jika berkenan silakan membagikan jawaban Anda pada kolom komentar. Orang ke-7 yang berkomentar akan mendapatkan hadiah buku dari saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s