Sauan Sibarrung dan Upaya Gereja dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Selama tinggal di berbagai tempat di Indonesia, khususnya di wilayah Timur, saya sudah beberapa kali menjadi anggota Credit Union (CU). Bagi saya, CU merupakan wadah yang efektif bagi masyarakat untuk membangun kekuatan ekonomi yang lebih mandiri. Sebagian CU diinisiasi oleh gereja. Salah satunya adalah CU Sauan Sibarrung. Untuk yang satu ini, saya tidak pernah menjadi anggotanya. Namun ketika beberapa tahun silam mendengar ceritanya dari seorang teman, saya tertarik melihat perkembangan CU yang satu ini. Ia hadir sebagai respons Gereja Katolik melihat permasalahan ekonomi di tengah komunitas, dalam hal ini di Toraja.

Setelah menggelar serangkaian workshop persiapan dan pendidikan, akhirnya CU Sauan Sibarrung resmi berdiri pada 7 Desember 2006. Misinya adalah: Meningkatkan kualitas hidup anggota berbasis komunitas secara berkelanjutan sedangkan visinya: Menjadi lembaga pemberdayaan hidup masyarakat Toraja yang tangguh dan terpercaya demi kesejahteraan anggota.

Mereka memiliki nilai-nilai inti sebagai berikut:
1. Bulaan Tasak (Hidup Sejati)
2. Kinaa (Bijaksana)
3. Sikamasean (Berbagi)
4. Sangserekan (Bersama dan Bersaudara)
5. Mawatang (Ulet)
6. Matarru’ (Kreatif)
7. Ma’patongan (Beriman)
8. Madarana Lako Daenan (Ramah Lingkungan)

Dalam perjalanannya, selain memperkuat kegiatan simpan pinjam, CU Sauan Sibarrung juga mengembangkan sejumlah kelompok usaha binaan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota. Kelompok-kelompok tersebut antara lain: kelompok pelaku usaha kecil di pasar (Kelompok CUMI) di Toraja dan kelompok Petani Padi di Luwu, Petani Sayur, Petani Jagung, kelompok Peternak Babi, Peternak Ikan, Penganyam Tikar Toraja, Penenun Kain Toraja, dan Kelompok Industri Rumah Tangga lainnya. Pembentukan kelompok didasarkan pada kebutuhan anggota.

Saat ini anggota CU Sauan Sibarrung sudah lebih dari 30,000 anggota dengan aset melebihi 353 miliar. Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar Sauan Sibarrung silakan kunjungi tautan ini. Maju terus pemberdayaan ekonomi masyarakat di Indonesia dan kiranya gereja bisa lebih aktif terlibat di dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s